Tata Cara Mandi Wajib Dengan Bacaan Niat dan Doanya Lengkap

Advertisement
Advertisement
Tata Cara Mandi Wajib Dengan Bacaan Niat dan Doanya Lengkap - Hamdan syukron lillah wasshalatu wassalamu ala rosulilah,segala puji hanya milik allah sholawat dan salam selamanya semoga terlimpah curahkan kepada nabi tercinta muhammad saw.sahabat yang di rahmati allah segala sesuatu yang baik hendaknya di awalai dengan ucapan dan niat yang baik.sebagai mana keterangan seperti di riwayatkan oleh hadist Al Bukhari dan Muslim  yang artinya : semua amal tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan sesuaui apa yang ia niatkan.

Dalam sajian artikel ini sedikit mengupas tentang melaksanakan ibadah  dimana kita harus benar benar bersih dari hadast besar karena bagi yang mempunyai hadas besar dilarang untuk melakukan shalat, berpuasa, membaca al-quran,masuk atau i'tikaf  didalam mesjid dan sebagainya.sahabat semua bila kita perhatikan  melakukan mandi itu memang hal yang biasa dan sangatlah mudah namun dalam ajaran agama islam ada ketentuan dan tatacaranya terutama dalam mandi untuk menghilangkan hadas junub atau hadas besar.


Untuk membersihkan diri dari hadast besar hal ini sudah  menjadi hukum yang tidak bisa ditawar lagi maka untuk itu berhati hatilah ketika kita punya hadast besar,nah biar saat melaksanakan mandi wajib kita sudah paham di bawah ini kami sajikan tata cara mandi wajib juga di lengkapi dengan bacaan niat dan doanya yang kami tulis dengan bacaan arab dan juga latin,ada beberapa   hal yang memungkinkan harus mandi wajib diantaranya ketika kita masuk akil baligh dan  mimpi basah,berhubungan suami istri, nifas, dan yang lainnya untuk itu, wajib hukumnya seseorang yang memiliki hadast besar untuk melakukan mandi wajib.

Sebelum membahas mengenai tatacara mandi wajib perlu di ketahui pula ada beberapa mandi yang sipatnya sunat diantaranya sebagai berikut :
  1. Mandi ketika hendak sholat jumat.
  2. Mandi ketika hendak sholat idul fitri.
  3. Mandi ketika hendak sholat idul adha.
  4. Mandi setelah sembuh dari penyakit gila.
  5. Mandi ketika hendak melaksanakan ihram haji atau umrah.
  6. Mandi setelah memandikan mayat.
  7. Mandi seorang kafir setelah masuk islam.
  • Tata Cara Mandi Wajib
1. Niat Mandi Wajib
Niat mandi wajib dapat dibaca secara lisan atau dalam hati baik dengan menggunakan bahasa arabnya, atau jika tidak hafal gunakan bahasa Indonesia saja, tapi lain kali niat mandi wajib dengan bahasa Arabnya agar sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.

2.Membersihkan kedua telapak tangan

Siram atau basulah tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan sebaliknya, basulah atau siram tangan kanan dengan tangan kiri. Diulangi sampai 3 kali.

3.Mencuci Kemaluan
Mencuci dan membersihkan dari manis dan juga kotoran yang terdapat di sekitarnya dengan menggunakan tangan.

4.Berwudhu
Setelah membersihkan kemaluan, saatnya berwudhu sebagaimana wudhu ketika kita hendak shalat.

5.Membasuh Rambut dan Menyela Pangkal Kepala
Cara membasuh rambut dan menyelea panggal kepala adalah dengan memasukkan kedua tangan ke air, kemudian dengan menggosokkan rambut sampai kulit kepala dengan menggunakan jari-jari tangan. Kemudian siram kepala secara 3x.

6.Menyiram dan Membersihkan Seluruh Anggota Tubuh
Pastikan seluruh anggota tubuh tersiram air dan bersihkan, baik pada bagian-bagian yang tersembunyi atau lipatan seperti ketiak, dibawah kemaluan, badan bagian belakang, dan juga pada sel-sela jari kaki.

  • Bacaan Niat dan Doa Mandi Wajib
نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya : Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Taala. 

Demikian yang dapat kami sajikan semoga bermapaat tentang tatacara dan niat doa mandi wajib,silakan sahabat  pelajari dan hafalkan. ini sangat penting sekali dan wajib diamalkan karena semua orang pasti akan melakukan mandi junub/wajib.mohon maaf yang sebesar besarnya bila ada kesalahan, terimakasih atas kesediannya. 
Advertisement