Bacaan Doa Niat Mandi Besar Adus Junub Arab Latin dan artinya

Advertisement
Advertisement
Bacaan Doa Niat Mandi Besar Adus Junub - Dalam melakukan   mandi ada mandi  biasa dan mandi besar ,perbedaannya yaitu ketika mandi biasa walau tidak memakai niat dan doanya itu tidak apa apa yang penting membersihkan diri dari kotoran yang menempel dari tubuh kita,tapi untuk mandi besar itu ada niat yang harus di ucapkan dan di ikuti dengan hati  dengan niat menghilangkan hadast besar dari tubuh kita.adapun sebab yang mewajibkan seseorang mandi wajib atau junub diantaranya bersetubuh, selesai nifas, keluar mani dan melahirkan.

Untuk bacaan doa niat  mandi besar itu harus benar benar hapal karena sangat penting untuk menyucikan diri dari hadas besar, dan pada artikel ini sengaja kami tulis dengan tulisan arab latin dan artinya.adapun cara menghafalnya cukup dengan baca doa Niat mandi besar adus junub itu 3x dalam sehari dan lakukan dalam seminggu paling lama, insyaallah belum sampai seminggu atau mungkin 2 hari jika kita serius maka pasti sudah hafal.


Doa niat mandi besar adus junub itu bisa di baca atau di laksanakan sebelum membasahi badan, namun alangkah baiknya perhatikan dari sekujur badan kita jika dalam membasuh ada yang terhijab atau terhalang masuknya air ke tubuh.
Berikut ini lafadz bacaan do'a mandi wajib atau mandi besar :

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى 
NAWAITUL GHUSLA LIRAF'IL HADATSIL AKBARI FARDHAN LILLAAHI TA'AALAA.
Artinya :
"Saya niat mandi besar untuk menghilangkan hadats besar fardhu karena Allah Ta'alaa."

Sekali lagi kami mengingatkan bahwa selalu usahakan untuk menghafal doa niat mandi wajib ini, karena itu penting dan sangat diperlukan untuk diri kita sendiri setiap saat kita memiliki hadats besar,bacaan doa niat mandi wajib diatas, bisa anda baca atau amalkan apabila anda akan melakukan wajib. Karena membaca niat mandi wajib merupakan salah satu syarat sah mandi wajib, selain membaca niat mandi wajib ada beberapa rukun mandi wajib yang harus anda lakukan. berikut ini rukun mandi wajib yang bisa anda lihat untuk menambah pengetahuan anda.
  • Menyiram air di seluruh badan
  • Menyiram air dikepala sebanyak tiga kali, selanjutnya siram bagian tubuh yang lainnya

Jika seseorang telah memenuhi rukun mandi wajib yang ada diatas, sudah dipastikan mandi wajib dianggap sudah sah. Dan apabila anda biasa mandi dengan cara menggunakan shower dan air tersebut telah mengenai seluruh tubuhnya maka mandi wajibnya sudah dianggap sah.selain memenuhi rukun mandi wajib yang ada diatas, anda bisa juga melihat tata cara mandi wajib yang bisa anda praktekan apabila anda ingin mandi wajib.dibawah ini tata cara mandi wajib sesuai ajaran Islam.

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebanyak tiga kali sebelum tangan anda dimasukan ke kolam atau lebih tepatnya sebelum mandi.
  • Bersihkan kemaluan dengan menggunakan tangan kiri.
  • Sebelum membersihkan kemaluan, tangan harus dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan sabun.
  • Melakukan wudhu yang sempurna, maksud sempurna disini yaitu berwudhu saat mau shalat.
  • Menyiram air pada bagian kepala sebanyak tiga kali.
  • Setelah menyiram lalu mencuci kepala bagian kanan kemudian kepala bagian kiri.
  • Menyiram air ke seluruh badan dari bagian kanan selanjutnya pada bagian kiri.
Demikian urian yang dapat kami sajikan mengenai Bacaan Doa Niat Mandi Besar Adus Junub Arab Latin dan artinya dan dilengkapi dengan rukun dan tata cara mandi besar semoga bermanpaat,terimakasih.
Advertisement