Niat Puasa Ramadhan Nawaitu Terlengkap Doa Berbuka & Sahur 2018

Advertisement
Advertisement
Bacaan Niat Puasa Ramadhan Serta Doa Berbuka Dan Sahur-Bismillahirohmanirohim dengan menyebut asma allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, sebelum kita memasuki bulan ramadhan bulan di wajibkan berpuasa bagi umat islam alangkah baiknya kita mengetahui dan paham atas niat puasa  dan bacaan doa berbuka dan makan sahur  amalan ini merupakan amalan yang biasa di kerjakan pada bulan puasa,utamanya dalam melakukan atau mengucapkan niat itu hukumnya wajib karena tanpa niat ibadah puasa kita tidak syah maka untuk itu, berihtiyat berhati hati dalam urusan ibadah puasa utamakan niat di lakukan setelah shalat tarawih.

Melaksanakan rukun islam yang ke empat ibadah berpuasa bagi muslimin muslimat yang sudah akil balig dan tidak dalam keadaan sakit atau ada halangan lainnya itu hukumnya wajib,namun dalam bahasan ini  sesuai dengan judul diatas mengupas tentang bacaan niat puasa ramdhan dan doa berbuka dan makan sahur yang di tulis dengan arab latin lengkap dan terjemahan bahasa indonesia jawa sunda dan bahasa melayu.


Untuk kaum muslimin dan muslimat tidak wajib dan tidak juga sunat berniat dalam bahasa arab, memakai dalam bahasa melayu atau apa-apa bahasa yang kita fahami. tetapi baik dan berpahala jika diamalkan dalam bahasa arab dengan niat kita cinta kepada bahasa arab sebagai bahasa nabi muhammad s.a.w. dan bahasa al-quran.nah yang utama dalam niat puasa mengucapkan dan hati mengikuti.

Sahabat dan ikhwan pillah yang di rahamati allah, , merupakan kebahagiaan yang tiada terbatas nilainya ketika kita bisa melaksanakan kewajiban yang merupakan perintah allah seperti melaksanakan rukun islam yang ke empat ini yaitu puasa di bulan ramadhan,dan untuk bacaan niatnya sebagai berikut :  
 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Tulisan Arab
 
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى
Tulisan Latin:
NAWAITU SAUMA GHADIN AN'ADAI FARDI SYAHRI RAMADHANA HADZIHISANATI LILLAHITA'ALA
Terjemah  / artinya :

Indonesia : saya niat berpuasa wajib,sehari penuh,besok dibulan ramadhan dalam tahun ini atas perintah allah swt

Melayu : sahaja aku puasa esok hari pada bulan ramadhan tahun ini kerana allah taala

Jawa  : niat ingsun puasa ing dina ngesuk saking anakane fardhune wulan ramadhan ing dalem taun iki krono mititur dawuhe alloh ta'ala

Sunda : niat abdi puasa poe isuk tahun ieu pardhu karana allloh ta'ala

Nah setelah seharian berpuasa dan tiba saatnya waktu maghrib waktunya berbuka pauasa  sebelum menyantap makanan yang sudah disiapkan untuk ta'jil alangkah baiknya baca dulu doa berbuka Puasa dan berikut doanya:
 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Tulisan arab: 
اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْت بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Tulisan Latin: 
ALLAHUMMALAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALARIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YA AR-HAMARRAHIMIN

Artinya : Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.

Firman Allah S.W.T : 
Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan ke atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan ke atas umat-umat yang sebelum kamu, semoga kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa.   (Surah Al-Baqarah: 183)

Hadis Rasulullah s.a.w :
Ditegaskan oleh rasulullah s.a.w melalui sabdanya yang diriwayatkan oleh ahmad, an- nasa’i dan al baihaqi dari abu hurairah, yang bermaksud: “sesungguhnya telah datang kepada kamu bulan ramadhan bulan yang penuh berkat. allah telah fardhukan ke atas kamu berpuasa padanya. sepanjang bulan ramadhan itu dibuka segala pintu syurga dan ditutup segala pintu neraka serta dibelenggu segala syaitan.

Demikian artikel singkat yang dapat admin tulis dalam artikel ini mengenai  niat puasa ramadhan nawaitu terlengkap doa berbuka & Sahur 2018 doa niat puasa ramadhan sebulan yang benar,ganti sebelum tidur nazar sunnah,serta dalam bulan ramadhan ada hal yang sangat luar biasa di mana umat muslim bisa melakukan ibadah yang sipatnya sosial yaitu membayar zakat fitrah dan silahkan untuk bacaan niat zakat fitrah baca di dalam artikel lain,semoga ada manpaatnya dan mohon maaf bila ada kesalahan serta kekurangan,terimakasih.   
Advertisement